| Profil | Contact Us | Sitemap | Link Exchange | Banner Exchange
Profil G+ Profil Facebook Profil twitter profil Youtube rss feed comment feed

Related posts

Tips Bermain Facebook Agar Rahasia tidak Bocor

Privasi pemilik akun Facebook sangat mudah diintip orang akhir-akhir ini menjadi omongan besar di dunia maya. Gara-gara ini, tidak sedikit para Facebookers yang memilih menutup akunnya di laman jejaring sosial ini. Walaupun, The Financial Times, memberitahukan bahwa pertanyaan orang yang mengetik kalimat “bagaimana cara menghapus akun di Facebook” meningkat 2 kali lipat ketimbang minggu sebelumnya, sehingga rekornya paling tinggi.


Facebook minggu sebelumnya telah selesai nonaktifkan layanan chat setelah menemukan salah satu bug yang menjadikan orang lain bisa mengintip isi obrolan teman-temannya dengan orang lain secara pribadi.
Di Blog yang ditampilkan di laman The Guardian, Andrew Brown juga memberitahukan rasa amarahnya kepada Facebook. “Jika kamu peduli dengan privasimu atau juga teman-temanmu, jangan gunakan Facebook lagi. Kita ini dianggap produk, bukan konsumennya”, tulisnya Brown.
Tapi, seperti yang ditulis The Star.com, jika kita tidak ingin ikut-ikut mematikan akun Facebook kita, paling tidak salah satu tindakan kita untuk mencegah dan menjaga privasi kita tetap aman. Diantaranya yaitu:
1.      Membuat Daftar Teman
Buatlah kategori “friend/teman” di sebuah kelompok selaras dengan seberapa jauh akses informasi yang bisa kita berikan kepada teman-teman tadi. Misalkan, mulai dari kelompok “Pekerjaan Friends” akses minimal hanya sampai kelompok “kenalan”, “keluarga” dan “Teman Dekat” sampai dengan akses penuh.
2.      Materi Akses ke Profil
Untk mencegah orang-orang asing mengakses halaman kita, benarnya “Hanya Teman” saja yang bisa mengakses profil kita.
3.      Menghapus Alamat dan Nomor Telepon Kita
Informasi ini bisa berguna untuk teman-teman sejati kita dan keluarga, tetapi bayangkan apa yang bakal terjadi jika informasi tadi ada pada tangan orang yang salah.
4.      Hapus Tanggal Lahir Lengkap di Profil
Identitas pencuri data bisa menggunakan informasi tersebut untuk mencari data lebih banyak bab kita. Karena, pencuri data tersebutbisa mendapatkan akses menyang bank kita atau akun kartu kredit kita. Jadi hapus saja tahun lahir kita di Profil.
5.      Hati-hati Mendaftar Aplikasi Baru
Semua senang kalau mencoba permainan atau kuis terbaru. Tapi, jangan lupa yang sering tidak kita sadari yaitu jikalau kita membagi semua informasi “developer” yang sebenarnya menjual data kita.
Maka dari itu kembali saja ke “Privacy Settings” dan pilih “Aplikasi”, kemudian masuk ke “Pengaturan”. Hapus tanda cabang di kotak informasi pribadi yang tidak ingin membagikan kepada orang lain.
Tetapi menurut para ahli keamanan situs web, pengguna Facebook sering tanpa sadar mengekspos diri ke bahaya yang jikalau ada di uar kendalinya. Di antaranya yaitu informasi yang digunakan bersamaan dengan pihak ketiga; malware (software berbahaya) dari iklan Facebook; serta teman sejati yang tidak sadar menjadikan gawat.



Posting Komentar - Back to Content

 

About BlogFsYm.COM